Sama seperti dalam kehidupan
sehari-hari, sebagian besar dari kita memandang tahun baru sebagai kesempatan
untuk membuat resolusi soal karier. Namun sayangnya, banyak orang yang masih
bingung untuk memulainya dari mana.
Setiap orang pasti menginginkan
perubahan tiap tahun, termasuk soal pekerjaan. Tapi bagaimana cara untuk
mencapainya? Ikuti beberapa tips berikut agar Anda tak kehilangan arah.
1. Follow Your Passions
Mendapat panggilan wawancara kerja tentu
merupakan kabar yang Anda nantikan. Tapi tunggu dulu, jangan langsung senang
dengan panggilan tersebut. Anda juga harus berpikir lagi, apakah pekerjaan yang
ditawari cukup sesuai bagi Anda. Anda harus memandang hal ini lebih bijak.
Mendapatkan pekerjaan impian memang bukan hal yang mudah dan kadang penuh
dengan rasa emosional yang tinggi. Namun kadang idealisme Anda runtuh karena
masalah gaji. Apakah lebih memilih pekerjaan impian namun digaji tidak terlalu
besar atau pekerjaan yang kurang sesuai dengan minat Anda tapi mendapat bayaran
yang besar? Masalah uang memang banyak membuat orang dilema. Apapun tawaran
yang ada, pilihlah pekerjaan yang akan membuat Anda bangun di pagi hari dengan
penuh semangat.
2. Bekerja lebih cerdas
Meningkatkan kemampuan diri dalam karier
merupakan resolusi yang Anda butuhkan setiap waktu. Dari situ, Anda akan
memahami bahwa pola pikir Anda harus lebih fleksibel sehingga Anda bisa
mengatasi permasalah di kantor. Anda harus belajar untuk menyelesaikan masalah yang mendesak terlebih
dahulu, dibanding hal-hal kurang penting. Hal Ini penting untuk menghindar dari
gangguan untuk mencapai tujuan yang sudah Anda tetapkan.
3. Become a better communicator and
presenter
Menjadi komunikator yang baik selalu
layak menjadi resolusi di tahun baru. Komunikasi merupakan bagian integral dari
setiap pekerjaan maupun kehidupan sehari-hari. Belajar untuk menjadi
komunikator yang efektif adalah alat produktivitas yang berharga-yang sayangnya
sering kita abaikan. Komunikasi yang buruk bisa menimbulkan bencana, banyak
waktu yang terbuang, rasa sakit hati, kesalahpahaman, pertemuan menjadi tidak
produktif, dan kerja tim pun menjadi tidak efektif.
4. Kurangi Stress
Cara terbaik untuk mengurangi stres
adalah dengan mengontrol diri Anda sendiri. Walaupun ini terdengar klise, namun
ini adalah salah satu cara yang cukup ampuh untuk mengatasinya. Kebanyakan
kasus yang terjadi adalah karena hampir semua atasan tidak memiliki banyak
waktu bagi Anda untuk menyelesaikan pekerjaan sehingga dilakukan dengan
buru-buru. Jangan heran jika Anda menjadi stres karena tidak memiliki banyak
waktu untuk berpikir dan melakukan yang terbaik.
5. You Are The Driver Of Your Career
Kadang orang terlalu banyak membuat
resolusi dalam kariernya. Maklum saja, manusia biasanya memang bersikap lebih
ambisius pada awalnya terutama di tahun baru. Sayangnya, karena tidak fokus,
banyak hal yang akhirnya melenceng dari tujuan awal. Saran CLEO, tak perlu
terlalu banyak membuat daftar resolusi, yang penting Anda selalu menjaga tujuan
Anda di garis depan. Buatlah resolusi yang realistis sehingga Anda bisa
mengatur diri untuk mencapainya. Anda harus melihat setiap hari kerja sebagai
‘tahun baru’ untuk mengingatkan tentang potensi yang belum Anda manfaatkan
dengan maksimal.
0 komentar:
Posting Komentar