Buscar

Tips Meraih Resolusi Karier

Sama seperti dalam kehidupan sehari-hari, sebagian besar dari kita memandang tahun baru sebagai kesempatan untuk membuat resolusi soal karier. Namun sayangnya, banyak orang yang masih bingung untuk memulainya dari mana.

Setiap orang pasti menginginkan perubahan tiap tahun, termasuk soal pekerjaan. Tapi bagaimana cara untuk mencapainya? Ikuti beberapa tips berikut agar Anda tak kehilangan arah.

1. Follow Your Passions
Mendapat panggilan wawancara kerja tentu merupakan kabar yang Anda nantikan. Tapi tunggu dulu, jangan langsung senang dengan panggilan tersebut. Anda juga harus berpikir lagi, apakah pekerjaan yang ditawari cukup sesuai bagi Anda. Anda harus memandang hal ini lebih bijak. Mendapatkan pekerjaan impian memang bukan hal yang mudah dan kadang penuh dengan rasa emosional yang tinggi. Namun kadang idealisme Anda runtuh karena masalah gaji. Apakah lebih memilih pekerjaan impian namun digaji tidak terlalu besar atau pekerjaan yang kurang sesuai dengan minat Anda tapi mendapat bayaran yang besar? Masalah uang memang banyak membuat orang dilema. Apapun tawaran yang ada, pilihlah pekerjaan yang akan membuat Anda bangun di pagi hari dengan penuh semangat.

2. Bekerja lebih cerdas
Meningkatkan kemampuan diri dalam karier merupakan resolusi yang Anda butuhkan setiap waktu. Dari situ, Anda akan memahami bahwa pola pikir Anda harus lebih fleksibel sehingga Anda bisa mengatasi permasalah di kantor. Anda harus belajar untuk  menyelesaikan masalah yang mendesak terlebih dahulu, dibanding hal-hal kurang penting. Hal Ini penting untuk menghindar dari gangguan untuk mencapai tujuan yang sudah Anda tetapkan.

3. Become a better communicator and presenter
Menjadi komunikator yang baik selalu layak menjadi resolusi di tahun baru. Komunikasi merupakan bagian integral dari setiap pekerjaan maupun kehidupan sehari-hari. Belajar untuk menjadi komunikator yang efektif adalah alat produktivitas yang berharga-yang sayangnya sering kita abaikan. Komunikasi yang buruk bisa menimbulkan bencana, banyak waktu yang terbuang, rasa sakit hati, kesalahpahaman, pertemuan menjadi tidak produktif, dan kerja tim pun menjadi tidak efektif. 

4. Kurangi Stress
Cara terbaik untuk mengurangi stres adalah dengan mengontrol diri Anda sendiri. Walaupun ini terdengar klise, namun ini adalah salah satu cara yang cukup ampuh untuk mengatasinya. Kebanyakan kasus yang terjadi adalah karena hampir semua atasan tidak memiliki banyak waktu bagi Anda untuk menyelesaikan pekerjaan sehingga dilakukan dengan buru-buru. Jangan heran jika Anda menjadi stres karena tidak memiliki banyak waktu untuk berpikir dan melakukan yang terbaik.

5. You Are The Driver Of Your Career

Kadang orang terlalu banyak membuat resolusi dalam kariernya. Maklum saja, manusia biasanya memang bersikap lebih ambisius pada awalnya terutama di tahun baru. Sayangnya, karena tidak fokus, banyak hal yang akhirnya melenceng dari tujuan awal. Saran CLEO, tak perlu terlalu banyak membuat daftar resolusi, yang penting Anda selalu menjaga tujuan Anda di garis depan. Buatlah resolusi yang realistis sehingga Anda bisa mengatur diri untuk mencapainya. Anda harus melihat setiap hari kerja sebagai ‘tahun baru’ untuk mengingatkan tentang potensi yang belum Anda manfaatkan dengan maksimal.

0 komentar:

Posting Komentar

Created by Shinta R. Agusti 2012. Diberdayakan oleh Blogger.