Buscar

Banjir Jakarta 2012


Jakarta lumpuh saat banjir melanda sebagian wilayah, Sabtu 22 Desember 2012. Namun, banjir tahun ini tidak akan separah banjir 2002 atau 2007. "Ini dilihat dari volume banjir. Tapi, ini hasil kalkukasi ya," kata juru bicara Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB), Sutopo Purwo Nugroho. Dia mengakui, curah hujan Sabtu kemarin memang sangat deras. "Tapi banjir kemarin itu tidak ada apa-apanya jika dibandingkan 2002 dan 2007," jelasnya.
Mengapa banjir kian parah? Sutopo mengingatkan Jakarta pasti banjir tiap musim hujan. Salah satu penyebabnya, sungai-sungai yang mengalir dan melewati Jakarta makin tak mampu menampung air hujan. Dia lantas mencontohkan Sungai Ciliwung, Cipinang, dan Krukut. Kapasitas dan daya tampung sungai-sungai ini jauh dari volume banjir.
"Lebar ideal Ciliwung itu 40 sampai 50 meter. Tapi, sekarang hanya 10 meter saja," jelasnya. Hal sama juga terjadi pada Sungai Pesanggrahan yang hanya mampu menampung 30 persen air banjir. Lebar sungai ini, imbuhnya, hanya 3 sampai 10 meter. Sementara kebutuhannya, 30 meter.
"Mengapa sungai kian tak mampu menampung? Karena banyak faktor, termasuk sedimentasi, pendangkalan. Makin banyak sampah yang masuk sungai otomatis sungai pun kian dangkal," jelas Sutopo. Belum lagi, jumlah warga yang memilih tinggal di bantaran sungai kian banyak.
Untuk mengatasi masalah pendangkalan tersebut, Pemerintah sudah menyiapkan proyek lima tahun untuk merevitalisasi tiga sungai di Jakarta, yakni Pesanggrahan, Angke, dan Sunter (PAS).
"Program ini sudah dimulai 2011 hingga 2014 nanti dengan dana Rp2,4 triliun. Di dalamnya termasuk pengerukan, pelebaran sungai dengan pembebasan tanah, dan mengatasi penduduk yang tinggal di bantaran sungai itu," jelas Sutopo.
Secara umum, Pemerintah daerah dan pusat juga mengantisipasi banjir untuk musim hujan kali ini sejak Oktober lalu. Ada 62 titik yang diwaspadai akan banjir. "Kami siapkan SDM, peralatan seperti tenda dan perahu karet," jelasnya.

Referensi :

0 komentar:

Posting Komentar

Created by Shinta R. Agusti 2012. Diberdayakan oleh Blogger.