Buscar

Sekilas Tentang Sumpah Pemuda


Sumpah Pemuda pada tanggal 28 Oktober 1928 merupakan bukti otentik bahwa Bangsa Indonesia telah lahir dan juga merupakan buah dari perjuangan rakyat yang selama ratusan tahun tertindas dibawah kekuasaan kaum kolonialis pada saat itu.
Berikut ulasan dan beberapa ulasan tentang sumpah pemuda.
Mungkin beberapa dari kita ada yang gak hafal sama sumpah pemuda, berikut isi teks dari Sumpah Pemuda :

SOEMPAH PEMOEDA
Pertama :
- KAMI POETRA DAN POETRI INDONESIA MENGAKOE BERTOEMPAH DARAH JANG SATOE, TANAH AIR INDONESIA
Kedua :
- KAMI POETRA DAN POETRI INDONESIA, MENGAKOE BERBANGSA JANG SATOE, BANGSA INDONESIA
Ketiga :
- KAMI POETRA DAN POETRI INDONESIA MENGJOENJOENG BAHASA PERSATOEAN, BAHASA INDONESIA
Djakarta, 28 Oktober 1928

Teks Soempah Pemoeda dibacakan pada waktu Kongres Pemoeda yang diadakan di Waltervreden (sekarang Jakarta) tepatnya di Jalan Kramat Raya nomor 106 Jakarta Pusat sekarang menjadi Museum Sumpah Pemuda, pada waktu itu adalah milik dari seorang Tionghoa yang bernama Sie Kong Liong.

Pemuda merupakan generasi penerus bangsa, dengan pengucapan ikrar Sumpah Pemuda berarti pemuda saat itu bersatu untuk membangun bangsa, membebaskan bangsa dari penjajahan dengan nilai – nilai kebersamaan dan persaudaraan. Bersatunya pemuda akan memperkuat persatuan dan kesatuan untuk melawan penjajah. Perjuangan untuk merdeka sudah tidak selalu dilakukan oleh para orang tua. Perjuangan para pemuda lebih ditakuti oleh penjajah katena para pemuda lebuh cerdas dan lebih sering memilih berjuang melalui jalur diplomasi.
Peristiwa Sumpah Pemuda menunjukkan kesatuan dan persatuan bangsa Indonesia terjadi atas kesadaran sendiri dan bukan atas paksaan, karena modal kekuatan suatu bangsa adalah adanya persatuan yang kokoh. Dengan persatuan niscaya suatu bangsa akan sanggup menanggulangi gangguan dari arah manapun.

Referensi :

0 komentar:

Posting Komentar

Created by Shinta R. Agusti 2012. Diberdayakan oleh Blogger.